Minggu, 23 Desember 2012

Menghujat Ibu Kota.



Tulisan ini Murni Curhatan Saya Hari Jumat Lalu (21.12.12) di atas Kereta Gajayana Menuju Jogja.....

Ini tahun ke 4 saya tinggal di ibukota. Sejauh ini saya cukup bersahabat dengannya. Rata-rata yang mereka keluhkan tentang Jakarta adalah macetnya. Tapi tidak dengan saya. Jarak kos-kantor yang 7 kiloan saya tempuh dalam waktu 15-20 menitan. Normal kan?
Untuk beberapa kasus sebelumnya saya masih berusaha mentolerir. Hujan, perbaikan jalan, pohon rubuh, pertandingan bola di senayan, konser musik di GBK atau midnight  sale-an di Sency. Semuanya masih bisa saya tolerir, karena apa? karena saya tidak sedang tergesa-gesa. hehehe....

Tapiiii.....hari iniiiiii.......agak beda. Persahabatan saya dengan si Ibu Kota sedang dipertaruhkan!! *haishh*
Hari ini adalah hari mudik se ibu kota. Saya naik Gajayana jam 17.30 dan prepare waktu 2 jam untuk kantor-stasiun. Dengan asumsi kantor-kos 30 menit, siap-siap 60 menit, kos-stasiun 30 menit. Dan sayang semuanya buyar.

Jam 2 siang, Jakarta diguyur hujan deras. Jam 3an hujan reda. Jam 15.30 saya cabut dr kantor. Dan kemacetan sudah tampak dr semenjak pintu keluar kantor dari daerah pattimura.  Hmmm, biasanya sih macetnya cuma sampe Semanggi doang. Ternyata macetnya nggak ada jeda. Di semanggi nengok jam udah 16.10 aja. Lanjut lagi bermacet-macet ria. Ketika liat motor lain udah pada naik trotoar. Saya masih bertahan. Nggak akan. Nggak akan. Ini #sikap.

Sampai di Setia budi nengok jam lagi, 16.48. Paniklah saya. Abis nengok jam, lanjut nengok bensin dan jadi lebih panik lagi. Bensin motor sekaratttt...
Panik sepanik paniknya. Dan jadi ga kalem lagi. Gas rem, gas rem. Gas nya 5 detik, remnya 5 menit. Kacau. Makin lihailah saya menghajar selipan-selipan mobil-mobil mewah itu, sambil mikir, woiii...kenapa di jakarta belinya mobil SUV segede-gede gaban sihhh....
Sambil panik, sambil pengen nangis, dan sambil ngerasa bersalah untuk beberapa spion mobil yang kena cium spion motor saya. Sumpah deh baru sekali ini kok saya main cium spion kayak gini. Swear. *pengakuandosa*

Dan akhirnya jam 17.10 saya tiba di kosan, mungkin kalo di kartun mukanya udah item2 kali, puwas dikentutin kopaja. Dikos, ganti ransel dan cabut. Tp pe-er selanjutnya adalah:Mau naek apa ke stasiunnya?. Bensin motor udah sekarat. Ojek di pangkalan kosong semua. Bajaj dan taksi lebih ga bisa diarepin kalo ujan dan macet gini. Keputusannya adalah naik motor lagi dengan bensin yg sekarat itu, dan tentunya harus beli bensin dulu. Makian selanjutnya adalah : kenapa di jakarta jarang yg jual bensin eceran?!

Lalu antrilah saya di pom bensin.

Jam 5.25, baru kelar dari pom bensin, 5 menit sebelum kereta berangkat. Fix lah kesimpulan saya kalo akan ketinggalan kereta. Harapannya tinggal nunggu mukzizat Tuhan. Tapi kereta dari stasiun pertama jarang molornya, naik Gajayana pula. Harapan pupus lagi.

Setelan hati abis dari pom bensin udah agak kalem. Karena udah tau bakal ditinggal kereta. Secara kemacetannya ga jauh beda. Jam setengah 6 ya masih disitu-situ aja.
Akhirnya, sampailah saya distasiun jam 5.45.  Parkir motor trus jalan cepat sambil iseng nanya porter lewat, "Gajayana udah berangkat pak?"
Porter itu langsung kaget dan teriak nyuruh cepet-cepet, ternyata keretanya belum berangkat! Langsung deh saya lari sekuat tenaga, sambil dibantu porternya teriak-teriak, "Ini naik gajayana...ini naik gajayanaa....!". Udah kayak film AADC deh, bedanya ini naik kereta dan gak ada Rangga nya #apeu.

Dengan dibantu petugas KAI dan bapak porter. Akhirnya saya selamat sampai di gerbong restorasi bersama muka-muka pucat pasi lainnya yg sama-sama sedang menghujat Jakarta. 3 menit kemudian Kereta Api berangkat.

Yah, begitulah kisah perjalanan saya sore ini. Beberapa catatan yg saya ambil :
  1. Di jalan tadi saya sempet menyesal dengan keputusan-keputusan saya seperti kenapa ga pulang kantor lebih awal, udah tau ujan. Kenapa ga naik trotoar aja udah tau  bisa lebih cepet, dll. But in the end, tidak ada yg harus disesalkan dari keputusan saya. Karena Tuhan sudah menyiapkan jalannya. Sepaket sama hikmahnya.
  2. Plis dipertimbangkan lagi dong yg mau beli mobil SUV segede-gede gaban. Your car is not fit with this city, and this city doesn't need your pride!. Dipakenya kalo keluar kota aja dongg....*abis ini saya pasti digetok @kinakini deh :(
  3. Wahai para sopir2 kopaja, ketauilah bahwa emisi yang engkau keluarkan sudah melewati batas. Dan dear kemenhub, tolong kontrol emisi diperketat.
  4. Maaf sekali atas kekhilafan saya tadi nyium spion-spion anda. Beneran ga sengaja. Semoga sekali ini saja. Buat pengendara motor lainnya, ati-ati juga yaa...:(
Well, selamat Liburan semuaa, salam hangat untuk keluarga :)

Cepat Sembuh Jakarta

 *Hari Sabtunya, ternyata macetnya lebih parah, Jakarta Banjir di 22 titik. Saya baru kemudian mengerti mengapa mereka beli mobil-mobil mewah jenis jeep atau SUV segede-gede gaban. Supaya nggak tenggelem dan kebanjiran. #okesip.


2 komentar:

  1. dan kamu masih sempet2nya naik jembatan busway utk motret itu gambar supaya bs diupload keesokan harinya!!!

    *iyatauituambildari google

    BalasHapus
  2. *iya aku lupa masukin sumber -____-*

    BalasHapus