Senin, 04 Februari 2013

#BossBaik

Ada sedikit catatan tentang farewell si Boss akhir januari kemarin, maaf kalo sangat subyektif :)
  1. #BossBaik itu.... dia bisa jadi pelindung buat layer dibawahnya.                                                 Karena memang seperti itu organisasi struktural bekerja. Kalo ada eselon I,II,III,IV dan staf. Misal eselon satu marah besar, dia marahnya ke eselon II. Nah eselon dua marahnya di manage, turun ke eselon III agak kurang, gitu terus, sampai di staf marahnya udah abis deh:D
    Bukannya dia dimarahin, trus semprot2 bawahannya.
  2. #BossBaik itu.... percaya sama orang yang dia mintain tolong.
    Ya kalo dia mutusin untuk minta sama si A ngerjain sesuatu selama X hari. Ya dipercayain aja dulu, baru kalo si staf kebangetan, take over atau transfer. Karena staf yang dikasih kepercayaan akan lebih cepat berkembang daripada staf yang di underestimate.
  3. #BossBaik itu.... rendah hati.
    Boss tapi gak bossy. Atasan tapi nggak menganggap staf sebagai bawahan. Di farewell speech nya si Boss, dia bilang...."Selama ini yang bekerja temen-temen, saya cuma manage aja. Jadi saya yakin walau saya nggak disini, subdit ini akan terus bisa berjalan dengan baik....". Very humble.
  4. #BossBaik itu.... apa adanya.
    Dekat tapi nggak sok dekat. Berjarak tapi gak kejauhan. Bukan marah tapi mengingatkan. Bukan memerintah tapi minta tolong.
  5. #BossBaik itu.... membuat sesuatu menjadi lebih mudah.
    Kehadirannya bukan sebuah tekanan, ketidak hadirannya bukan sebuah kegembiraan. Dia akan mempermudah bukan mempersulit. Dia akan memberi jalan keluar, bukan memperpanjang jalur.
 Point-point diatas tadi bukan berniat menggurui yah, cuma harapan saya, sebagai bawahan, kepada para boss-boss, sebagai atasan. Bukan merefer pada suatu orang, hanya terinspirasi. Semoga bisa menginspirasi para boss dan para calon boss yang lain :)

Farewell si Boss :')

3 komentar:

  1. OK noted ik, amkasih masukannya *berasa jadi bos gitu gueeeh

    BalasHapus
  2. iya sih agak subjective..
    boss punya style sendiri untuk nge-lead team sejalan dengan dinamika personal team.

    BalasHapus